FOOD COMBINING

selamat siang cantik…. bagaimana kabar hari ini? 😀

selama ini kita yang terlalu sibuk dengan rutinitas dan jarang berolahraga atau menyempatkan makan  –makanan yang bernutrisi, sering menjadi kendala saat otak diharuskan untuk berkonsentrasi, tubuh jadi lemas, dan semangat kerja mengendur bahkan mood berubah jadi jelek, alhasil tubuh malah sempat menjadi bulan – bulannya virus atau bakteri ketika tak mampu menangkis radikal bebas tersebut. stop!!! beragumentasi tentang sehat itu mahal. kalau sudah tahu mahal kenapa tidak menghargai tubuh dengan menjaganya?

Sudah saatnya kamu perlu peduli dengan apa yang bakal menjadikan tubuhmu sehat, bugar dan tidak mudah lelah dalam menjalankan aktifitasmu, Lantas bagaimana jika kamu memiliki tubuh yang kurang ideal, baik kelebihan atau kekurangan berat badan?

don’t worried!!! kalau kalian tipe yang sulit untuk diet atau menghentikan makananmu berlebihan, mungkin cara yang satu ini perlu kamu coba, FOOD COMBINING, did you know dear???

foodcombining

Food Combining atau juga dikenal dengan trophology adalah pendekatan pola makan yang menganjurkan kombinasi makanan tertentu untuk kesehatan dan penurunan berat badan seperti tidak mencampur makanan karbohidrat dengan makanan berprotein dalam waktu makan yang bersamaan agar proses pencernaan dapat berlangsung aman.

Seperti namanya, pola ini tidak mencampur aduk makanan dalam waktu bersamaan tapi mengkombinasikan beberapa jenis makanan dengan pola tertentu yaitu makanan dibagi dalam kelompok-kelompok, seperti protein meals, neutral foods, starch meals, buah-buahan, sayuran, buah manis, salad dressings, salad, dan bumbu serta rempah

Bahkan Rasullulah pun pernah melakukan pola makan FC atau food combining.

Fakta-fakta di atas menunjukkan pola makan Rasulullah ternyata sangat cocok dengan irama biologi berupa siklus pencernaan tubuh manusia yang oleh pakar kesehatan disebut circadian rhytme (irama biologis). Inilah yang disebut dengan siklus alami tubuh yang menjadi dasar penerapan Food Combining (FC).
Selain itu, ada beberapa makanan yang dianjurkan untuk tidak dikombinasikan untuk dimakan secara bersama-sama. Makanan-makanan tersebut antara lain:

  1. Jangan minum susu bersama makan daging.
  2. Jangan makan ayam bersama minum susu.
  3. Jangan makan ikan bersama telur.
  4. Jangan makan ikan bersama daun salad.
  5. Jangan minum susu bersama cuka.
  6. Jangan makan buah bersama minum susu

Rasululah SAW pernah mengingatkan bahwa jangan pernah makan ikan bersama susu, karena akan cepat mendapat penyakit. Hal ini terbukti karena para ilmuwan menemukan bahwa daging ayam mengadung ion positif, sedangkan susu mengandung ion negatif. Oleh karena ion yang berlawanan, maka akan terjadi suatu reaksi yang bisa merusak anggota pencernaan. Rasulullah pun pernah mengingatkan kita untuk tidak makan makanan yang berasal dari laut dan darat secara bersamaan. Belakangan ini diketahui bahwa ternyata kedua jenis makanan tersebut memiliki tingkat kelarutan yang berbeda.

saatnya kamu mencoba ya girls 😀

Tinggalkan komentar